Acara Pembekalan anggota baru KSPM ini dihadiri oleh 32 orang. Pembekalan ini dilakukan secara offline di Fakultas Ekonomi ruang 201 dan 202. Pembekalan anggota baru KSPM mengusung tema “New Member New Innovation” . Pemilihan tema ini dengan harapan agar anggota baru KSPM mampu memberikan warna baru dan inspirasi baru dalam kegiatan KSPM kedepannya. Acara Pembekalan KSPM ini diawali dengan pengenalan organisasi KSPM. Organisasi KSPM adalah Suatu organisasi kelompok studi sebagai wadah mensosialisasikan dan mengimplementasikan pasar modal kepada civitas akademik yang berperan untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan tentang pasar modal.
Agenda kedua pembekalan KSPM diisi oleh Ibu Indri Sri Endarwati, S.E., M.M menyampaikan materi tentang “Perbedaan Investasi dan Trading”. Investasi adalah Suatu bentuk penundaan konsumsi dari masa sekarang untuk masa yang akan datang, yang didalamnya terkandung resiko ketidakpastian, namun berharap memperoleh keuntungan. Orang yang melakukan investasi dinamakan Investor. Jenis investasi ada dua yakni Investasi di sektor keuangan dan Investasi di sektor Riil. Sedangkan, trading adalah Sebuah kegiatan jual beli instrumen investasi dalam jangka waktu pendek ataupun singkat. Keuntungan kegiatan trading ini diperoleh dari kompensasi yang diberikan si pembeli pada si penjual. Selain itu ada beberapa perbedaan Investasi dan Trading diantaranya :

Penyampaian materi
  1. Prinsip
    Trading buy and sell
    Investasi buy and hole
  2. Analisis
    Trading menganalisis garfik/teknikal
    Investasi menganalisis fundamental
  3. Risiko
    Trading berisiko tinggi
    Investasi berisiko rendah
  4. Jangka waktu
    Trading Sangat singkat
    Investasi, Sangat panjang
  5. Capital growth
    Trading profit jangka pendek
    Investasi pasiv income/deviden
  6. Usaha yang dilakukan
    Trading selalu menganalisis
    Investasi menganalisis di awal
  7. Tolak ukur kesuksesan
    Trading, tolak ukur profit
    Investasi, tolak ukur tercapai

Materi penutup dalam pembekalan anggota baru KSPM adalah Tiga Kunci Sukses Investasi yang dikenal dengan istilah 3M yaitu Methode, Money, dan Mind.

  1. Methode / Metode, harus selalu mengikut tren metode yang bisa memberikan kelebihan dalam memilih saham yang berkualitas. Hal yang paling penting harus dilakukan adalah mengetahui apa yang perlu dibeli, kapan harus membeli, dan kapan harus menjual.
  2. Money / Uang, sebagai seorang investor ataupun trader harus mengusai tentang manajemen keuangan dan risiko, harus mempunyai tujuan keuntungan tetap disetiap investasi, dan harus menentukan batas risiko dan kerugian.
  3. Mind / Pikiran, ini adalah kunci utama dari seorang investor atau trader adalah harus mampu mengatur emosi, memiliki disiplin emosi jika mengalami down trend, jangan serakah, jangan takut, hindari pandangan bias, dan jangan gengsi

Kegiatan pembekalan anggota baru KSPM juga diseligi olehh permainan Stock Lab yang dilakukan bersama seluruh anggota KSPM. Acara ini ditutup dengan penyerahan hadiah Juara Battle Stock Lab yang dimenangkan oleh Angga.

FInal Battle Stock Lab
Pemenang Battle Stock Lab
Categories: BERITA

Leave a Comment