Sebagai seorang mahasiswa yang kuliah dijurusan Manajemen, terlebih sudah mulai merintis usaha senantiasa dituntut untuk bisa mengembangkan diri dan mengikuti perkembangan dunia bisnis. Langkah awal yang bisa dilakukan mahasiswa untuk bisa mengembangkan bisnisnya adalah dengan cara harus sadar dengan perubahan teknologi. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi mengundang Tim Bank BCA Cabang Ps. Klewer Solo untuk membekali para mahasiswa tentang Literasi Keuangan Digital. Kegiatan ini yang dikemas dalam Kuliah Praktisi dalam mengisi mata kuliah Kewirausahaan 2 diikuti sekitar 90 mahasiswa angkatan 2021. Berlokasi di gedung Fakultas Ekonomi lt. 2 ruang 2021-202. Tujuannya adalah agar mahasiswa lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan berbagai layanan keuangan digital yang ditawarkan dipasaran baik untuk dirinya sendiri maupun untuk usaha yang sedang dirintis. Literasi Keuangan Digital sendiri diartikan sebagai pengetahuan mengenai kegiatan layanan keuangan atau metode pembayaran menggunakan teknologi yang dilakukan secara digital. Teknologi yang digunakan biasanya mobile based atau web based.

Contoh dari keuangan digital adalah :

  1. Uang elektronik seperti Dana, Ovo, Gopay, dsb.
  2. Rekening ponsel, dikenal dengan istilah mobile banking yang bisa mempunyai banyak layanan baik transfer, bayar tagihan, bahkan tarik tunai
  3. Tabungan digital, berbeda dengan mobile banking, tabungan digital ini untuk membuat tabungan secara online
  4. Pinjaman uang online / fintech, yaitu layanan pinjam meminjam uang secara online.

Manfaat keuangan digital untuk kehidupan sehari-hari :

  1. Mempermudah kegiatan transaksi
  2. Mengurangi antrian panjang
  3. Pengembalian uang dilakukan secara utuh

Setelah memberikan informasi dan ilmu tentang literasi keuangan digital, sebagai penutup acara seluruh mahasiswa yang menghadiri acara kuliah praktisi ini dipandu untuk membuka akun rekening Bank BCA secara online agar mempermudah transaksi online.

Foto bersama kegiatan kuliah praktisi
Categories: BERITA

Leave a Comment