Sukoharjo – Penulisan ilmiah merupakan bagian penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk mendukung Penulisan ilmiah yang dilakukan berdasarkan sumber kepustakaan sebagai sumber rujukan (sitasi).

Kelompok Studi Penulisan dan Penalaran Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo mengadakan pelatihan Mendeley di Gedung H Lantai 3, 13 Januari 023, bagi mahasiswa semester 7 Fakultas Ekonomi dengan tema “Penyusunan Referensi Karya Ilmiah secara Mudah dan Sistematis dengan Mendeley”. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta semester 7 Fakultas Ekonomi, 2 peserta dari Fakultas Teknik dan 12 panitia.

Trainer dalam pelatihan ini, Ibu Dr. Dewi Kusumaningsih merupakan Trainer Internasional Aplikasi Mendeley. Mendeley adalah software manajemen referensi dan jaringan akademisi yang membantu mahasiswa dalam penulisan. aplikasi ini juga membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation.

Dalam pelatihannya, Ibu Dr. Dewi Kusumaningsih menjelaskan bahwa pentingnya menggunakan Mendeley untuk memperluas serta mempermudah mahasiswa dalam menulis Daftar Pustaka. Beliau berharap pelatihan ini mempermudah mahasiswa khususnya FE Univet untuk menuliskan Daftar Pustaka dan menghindarkan terjadinya plagiat dalam penulisan. “Sitasi kini dapat dilakukan secara otomatis sehingga nantinya tidak perlu mengetik daftar pustaka secara manual dan dengan penggunaan aplikasi mendeley mahasiswa dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian, kerapian sitasi pada penulisan ilmiah serta menghindarkan terjadinya plagiat dari jurnal atau penulisan ilmiah ”

Ardian Prima Putra, S.E, M.M selaku Kaprodi Manajemen dan Pembina KSPP “Pelatihan ini bertujuan membantu Mahasiswa semester 7 untuk membuat penulisan. Pelatihan ini memang jumlah peserta dibatasi agar mahasiswa dan trainer bisa fokus. Karena pelatihan ini praktek langsung dengan menggunakan laptop masing-masing dan sudah terinstal Mandeley”

Siti Nur Hidayah selaku Mahasiswa semester 7 dan Peserta pelatihan mandeley “Alhamdulillah pelatihan ini memberikan pandangan cara menggunakan Mendeley”.

Pelatihan ini membantu mahasiswa semester 7 dalam penyisipan, penulisan dan pemformatan sitasi. Dengan adanya pelatihan mahasiawa tidak akan kesulitan dalam membuat sitasi. Selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan mendeley ini.

Categories: BERITA

Leave a Comment