(Sukoharjo) Seminar Pasar Modal (SPM) 1 dengan tema “Smart Invesment For a Bright Future” dilakukan secara offline di Gedung H Lantai 3 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Seminar ini di selenggarakan oleh KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal) FE Univet. Acara ini diadakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 dan dihadiri oleh 70 Peserta.

Seminar Pasar Modal ini menghadirkan Narasumber yang paham akan tentang dunia Pasar Modal, Yaitu: Setiawan Effendi (Kepala Phintraco Sekuritas Solo) dan M Wira Adibrata (Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jateng 2).

Seminar ini membahas tentang investasi di pasar modal Indonesia. Investasi adalah upaya mengelola aset atau harta yang bisa kita miliki saat ini agar mampu bertambah nilainya sehingga memberikan hasil di kemudian hari. Millennials harus menghadapi masalah pengangguran, krisis ekonomi, ketidaksetaraan pendapat, dan harga properti yang meningkat.

Pasar modal adalah tempat yang mempertemukan pihak yang perlu dana jangka panjang dan pihak yang perlu investasi pada instrumen finansial.

Cara memulai investasi yaitu dengan membuka rekening saham di perusahaan sekuritas (KTP, buku tabungan), akan mendapatkan akun yang bisa login ke aplikasi, dan akan dibukakan rekening tampungan (RDN), serta setelah login kita dapat memilih saham untuk dibeli. Bayarnya dari rekening tampungan.Manfaat pasar modal yaitu:

  • bagi masyarakat, penciptaan lapangan kerja/profesi
  • bagi investor, sarana investasi
  • bagi emiten, penyebaran kepemilikan ke seluruh lapisan masyarakat
  • bagi pengusaha, sumber pembiayaan
  • bagi negara, keterbukaan dan profesionalisme, iklim usaha yang sehat.

Kesimpulan dari Sekolah Pasar Modal 1 ”Smart Investment For a Bright Future” adalah investasi pada masa ini sangat mudah, bisa diakses dimana saja. Kita harus mulai berinvestasi untuk masa depan yang cerah, karena nilai asetnya akan terus bertambah seiring dengan adanya inflasi. Sekarang ada issue mengenai resesi, maka kita harus segera mulai dan cerdas dalam berinvestasi dan jangan berpikir cepat kaya secara instan agar terhindar dari investasi bodong. Dalam berinvestasi kita harus menabung modal dan menghindari hutang. Melalui pasar modal kita dipertemukan dengan pihak yang perlu berinvestasi pada instrumen finansial.

Categories: BERITA

Leave a Comment