Surakarta – Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (FE UVBN) menyelenggarakan Career Management Program dengan tema: “sukses di era digital”. Acara ini diikuti oleh 116 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Program Studi Manajemen FE UVBN, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Event ini terlaksana pada hari rabu (01/06/2022) berlokasi di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Jln. Slamet riyadi no 437, Laweyan, Surakarta.

Gustita Arnawati Putri, S.E., M.Si., Dekan FE UVBN menyampaikan,”Sebagai sebuah Fakultas yang terus beradaptasi dengan dinamika bisnis dan perkembangan teknologi, kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk mempersiapkan mahasiswa masuk ke dunia kerja maupun wirausaha di era digital”. Made Wedaswari, S.Sos, M.Si, Ketua panitia menambahkan, “Senang sekali melihat para peserta begitu antusias di sepanjang acara. Semoga ilmu yang mereka peroleh benar-benar bermanfaat untuk pengembangan kapabilitas bersaing mereka, serta mampu mendukung cita-cita nya”.

Kegiatan tahunan ini di kesempatan ini menghadirkan dua narasumber utama yang berkompeten. Mereka adalah Maya Savitri, S.Psi., CH.,C.Ht.,CMM., PSIKOLOG selaku trainer psikologi danZahra Noor Eriza, S.I.KOM,M.M., praktisi public speaking yang tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Beliau adalah Pendiri & Direktur  lembaga pelatihan keterampilan komunikasi SPEAKING.id. Maya Savitri menyampaikan materi mengenai kiat sukses menghadapi psikotes dengan melakukan praktik langsung melibatkan keseluruhan peserta. dan Sara (panggilan akrab dariZahra Noor Eriza) membahas tentang pilihan karier di era digital serta pentingnya personal branding.

Di sesi presentasinya, Maya menyampaikan “Apa yang menjadi penyebab kegagalan pelamar kerja di tahap psikotes? Karena mindset nya tidak matang, datang terlambat, istirahat tidak optimal, meremehkan penguji tes, dan terlalu fokus pada soal yang sulit”. Berikutnya, Sara, di sesi pemaparannya menyampaikan, “Pilihan karier di era digital itu banyak alternatifnya. Anda bisa jadi PNS, wirausahawan, praktisi professional, maupun akademisi dengan mengoptimalkan platform digital yang ada, terutama LinkedIn, Instagram, dan Blog. Kita bisa mulai dari mana? bangunlah personal branding yang menarik di ketiga media tersebut.”

Ovina Yahya, salah satu peserta berpendapat, “Acara nya bermanfaat bagi saya. Berkat event ini, saya paham bahwa personal branding hal yang penting dan ternyata bisa kita bangun dari sekarang, tidak harus menunggu nanti lulus kuliah”.  Pendapat senada juga disampaikan oleh peserta lain, Eko Rahmat Saputra, “secara keseluruhan, saya puas. Acara nya menarik dan interaktif. Kedua pemateri mampu menyajikan presentasinya dengan jelas. Sekarang saya paham mengenai tiga hal yang harus saya perhatikan untuk memperoleh kebahagiaan di dunia kerja, yaitu dengan cara mencintai diri sendiri, mencintai apa yang kamu lakukan, dan mencintai prosesnya.”

Categories: BERITA

Leave a Comment