Sukoharjo – Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (FE UVBN) menyelenggarakan acara inovatif berupa kuliah praktisi terintegrasi bertema “Personal Branding in Digital Era”. Acara yang dilaksanakan secara daring ini, diikuti oleh 257 peserta yang terdiri dari mahasiswa PS Manajemen FE UVBN. Event ini diselenggarakan pada hari Jumat (18/3/2022) via zoom meeting. Adapun narasumber dalam webinar ini adalah Gusti Sekar Arum Ayuningtyas. Beliau adalah seorang selebgram yang berprofesi sebagai Professional Master Of Ceremony, Broadcaster,  & Brand Ambasador sebuah produk perawatan kecantikan.

Dalam sambutan nya di pembukaan acara, Dekan FE UVBN Gustita Arnawati Putri, S.E., M.Si. menyampaikan, “Fakultas Ekonomi memfasilitasi adanya kuliah praktisi dengan tema personal branding in digital era karena kami merasa topik ini merupakan hal yang penting untuk dipelajari oleh mahasiswa, khususnya apabila mereka ingin berkarier di platform digital sebagai infuencer, selebgram, youtuber, maupun content creator. Dengan adanya personal branding yang kuat, harapan nya adalah mereka memiliki pondasi yang kuat untuk bersaing di era digital”.

Mba Ecca, panggilan akrab dari Gusti Sekar Arum Ayuningtyas, dalam pemaparannya menyampaikan, “seringkali kita berfikir, Ah. cuma selebriti doang kali yang harus punya branding diri sendiri. Jangan salah! Meskipun pekerjaan kamu nantinya tidak terfokus di dunia entertainment, memiliki personal branding tetap berguna untuk pengembangan karier dan bisnis kamu lho. Jika kamu membangun bisnis ataupun bekerja untuk suatu korporasi, cara kamu menampilkan citra diri dapat membawa pengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis”.

Eka Pratiwi, salah satu peserta dalam acara ini berpendapat, “senang sekali dapat kesempatan luar bisa untuk ikut dalam kuliah praktisi ini, banyak wawasan yang diberikan oleh pembicara mengenai personal branding. Saya berharap ke depan akan banyak lagi event yang di kemas secara asyik dan santai seperti ini”.

Ferry Guntur, mahasiswa sekaligus content creator ini menyampaikan, “acaranya bermanfaat bagi saya. Sebagai seorang penari yang juga suka membuat content make up, banyak ilmu dan masukan dari narasumber maupun dosen yang dapat saya serap untuk bekal saya dalam membranding diri sebagai seorang seniman di era digital.”

Trias Ayu, peserta lain dalam kuliah praktisi tersebut menilai bahwa acara tersebut sangat menginspirasi bagi mahasiswa yang less confident. “ Ya, materi yang dibahas mampu membantu saya untuk menggali potensi diri dan membuka mindset saya sebagai seorang mahasiswa yang sedang merintis karier sebagai penulis pemula”. Di akhir acara, ketua panitia sekaligus moderator, Salman Faris Insani menyampaikan,”walaupun acara ini kuliah praktisi, yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka belajar, kami mengemasnya dalam bentuk podcast. Obrolan santai dengan topik sesuai tema, antara moderator dan narasumber. Di sepanjang acara, kami juga melibatkan peserta dalam bentuk diskusi dan tanya jawab interaktif, sehingga peserta merasa ikut dilibatkan dalam obrolan tersebut. Harapan nya, mahasiswa dapat merasakan suasana yang berbeda dibandingkan kuliah umum lainnya”

Categories: BERITA

Leave a Comment