Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo berkerjasama dengan LPPM Universitas Lumajang dalam bidang akademik dengan mengadakan Webinar “Pemanfaatan Mandeley sebagai Manajer Referensi dalam Karya Ilmiah” pada tanggal 27 Desember. Melalui Zoom Meeting dengan diikuti 455 peserta.

Narasumber dalam Webinar ini ialah Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum yang merupakan Mendeley Advisor Indonesia sekaligus Dosen PBSI-FKIP Univet Bantara dan dipandu oleh Drs. Sukarno, M.Hum yang merupakan Dosen PBSI-FKIP Univet Bantara.

Mendeley sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring ini, membuat peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitiannya.

Citation” adalah salah satu elemen penting dalam sebuah penulisan sebuah karya ilmiah. Seringkali penulis pemula, pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran. Oleh karenanya, keberadaan sebuah perangkat lunak (Mendeley) yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” adalah sebuah kebutuhan.

“Semoga perangkat lunak Mendeley yang menawarkan berbagai fiturnya memudahkan dosen pembimbing untuk melacak keaslian referensi yang digunakan oleh mahasiswanya” Ujar Dekan Fakultas Ekonomi, Gustita Arnawati Putri, S.E, M.Si

Categories: BERITA

Leave a Comment